Profil Penyesuaian Diri Peserta Didik Tinggal Kelas di SMK Negeri 5 Padang (Studi Deskriptif Kuantitatif di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik tinggal kelas yang belum mampu untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan belajar dan hubungan sosial yang sesuai dengan konsep yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari bentuk interaksi asosiatif dalam belajar. 2) Penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari bentuk interaksi disosiatif dalam belajar. 3) Penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari bentuk interaksi asosiatif dalam hubungan sosial. 4) Penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari bentuk interaksi disosiatif dalam hubungan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang tinggal pada kelas XI yang berjumlah 30 orang. Penarikan sampel yang peneliti gunakan total sampling. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan untuk melaksanakan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari bentuk interaksi asosiatif dalam belajar berada pada kategori baik. 2) Penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari bentuk interaksi disosiatif dalam belajar berada pada kategori kurang disosiatif. 3) Penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari bentuk interaksi asosiatif dalam hubungan sosial berada pada kategori baik. 4) Penyesuaian diri peserta didik tinggal kelas dilihat dari bentuk interaksi disosiatif dalam hubungan sosial berada pada kategori cukup disosiaf. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru untuk dapat melaksanakan penyesuaian diri pada peserta didik tinggal kelas lebih baik lagi dan seoptimal mungkin.