Pelaksanaan Layanan Konseling Perorangan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang sedang dialami peserta didik dalam proses belajar yaitu penurunan motivasi belajar yang berdampak kepada hasil belajar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Evaluasi, 4) Tindak lanjut layanan konseling perorangan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Pariaman tahun pelajaran 2014/2015 jumlah sampel 30 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan kelas yang berbeda. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data ialah teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Perencanaan layanan konseling perorangan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik berada pada kriteria cukup baik, 2) Pelaksanaan layanan konseling perorangan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik berada pada kriteria cukup baik, 3) Evaluasi layanan konseling perorangan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik berada pada kriteria cukup baik, 4) Tindak lanjut layanan konseling perorangan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik berada pada kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada peserta didik kelas XII agar ditingkatkan motivasi belajar dalam meraih hasil belajar yang lebih baik dan memandirikan diri untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami oleh peserta didik.