Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru yang belum memperhatikan cara berkomunikasi yang baik dengan peserta didik dan ada peserta didik yang belum serius dalam belajar bisa dilihat dari adanya peserta didik yang jarang hadir ke sekolah, keluar masuk kelas saat jam pelajaran, kurang berpartisipasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) profil komunikasi guru dilihat dari komunikasi verbal, komunikasi nonverbal dan 2) motivasi belajar peserta didik kelas XI dilihat dari motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI SMA N 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya dengan jumlah 103 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 82 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, dan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum profil komunikasi guru dan motivasi belajar peserta didik berada pada kriteria cukup baik. Hasil penelitian berdasarkan variabelnya, yaitu: 1) komunikasi guru berada pada kriteria cukup baik, dan 2) motivasi belajar peserta didik kelas XI berada pada kriteria rendah. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru untuk meningkatkan keahlian dalam cara berkomunikasi dengan peserta didik, dan kepada peserta didik untuk lebih meningkatkan lagi motivasi dalam belajar agar nantinya hasil belajar baik.