Pengaruh Metode Pembelajaran Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X4 Di SMA Negeri 02 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Lovik, Lovik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1050/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1050/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1050/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1050/4/12070190%20Lovik%20%20OKE.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1050/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa alasan, yaitu sebagai berikut. 1) siswa kurang berminat terhadap pelajaran sosiologi karena pelajaran sosiologi di anggap kurang menarik, 2) siswa kesulitan memahami pelajaran sosiologi karena dianggap suatu pelajaran yang memang membutuhkan daya ingat dan analisa, dan 3) Siswa masih berbicara sendiri dengan temannya, merasa jenuh dan bosan membaca buku, mengantuk, melamun, dan beberapa siswa pandangan matanya tertuju ke luar ruang kelas. siswa kesulitan dalam menanggapi materi ysang disampaikan oleh guru yang menggunakan metodeh tersebut dan siswa tidak percaya diri saat mengulang apa yang disampaikan oleh guru di depan semua teman-teman sekelasnya. Untuk melatih siswa agar percaya diri dan tidak bosan mengikuti pelajaran sosiologi tersebut. digunakan metode pembelajaran Number Head Together dalam proses pembelajaran. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 02 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 02 Koto Baru yang terdiri dari 5 kelas. sampel dalam penelitin ini adalah siswa kelas X.4 karena nilai rata-rata kelas lebih rendah dibanding rata-rata kelas lainnya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yakni data yang langsung diambil dari responden penelitian siswa kelas X4 SMA Negeri 02 Koto Baru melalui test.. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan test. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Number Head Together terhadap Hasil belajar mata pelajaran Sosiologi siswa kelas X SMA Negeri 02 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya karena thitung>ttabel = 9,126 > 1,701. Jadi dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar mata pelajaran Sosiologi siswa kelas X4 SMA Negeri 02 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya sesudah menggunakan metode Number Head Together lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan metode Number Head Together.