Perilaku Siswa Kelas X.IPS dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi di SMA N 7 Padang Kec. Koto Tangah Kota Padang
Main Author: | Mira, Lestika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10489/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10489/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10489/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10489/4/11070034%20MIRA%20LESTIKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10489/ |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pembelajaranakan berjalan dengan baik apabila guru yang mengajar memberikan semangat untuk siswa yang sedang di ajarkannya sehingga siswa menerima pelajaran dengan berperilaku baik terhadap guru di dalam kelas. Masalah yang dilihat dalam pelaksanaan pembelajaran Sosiologi siswa kurang berperilaku baik dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran, hal ini terbukti pada saat guru berada di dalam kelas, siswa jarang memperhatikan guru ketika menjelaskan pembelajaran, hal tersebut siswa banyak yang tidak memahami materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku siswa dalam Pelaksanaanpembelajaran Sosiologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pertukaran sosial dari george homans. Jenis penelitian yang digunakan dalah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian pada penelitian ini adalah siswa IPS kelas X , guru Sosiologi. Jenis data yang digunakan ialah data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu sebagai bagian dari kelompok siswa SMA N 7Padang. Analisis data digunakan dengan model analisis data interaktif (Miles dan Huberman) yang mencakup dalam tiga tahap, yaitu: tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku siswadalam pelaksanaan pembelajaran yakni respon positif dan respon negatif. Dari hasil temuan, respon negatif: 1) mendengarkan pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran, 2) menyalin materi pelajaran, 3) melakukan penelitian/ percobaan, (4) menggunakan buku paket/buku lain, 5) menjawab pertanyaan –kelompok, 6) menjawab pertanyaan –individu-mengingat, 7) menjawab pertanyaan –individu-berfikir, 8) bertanya- tidak untuk informasi/pengarah, 9) memberi contoh/informasi tentang topik, 10) diskusi antar sesama siswa, 11) tugas berkelompok, 12) tugas rutin (membaca) latihan/masalah rutin, 13) tugas kreatif menulis/menjelaskan dengan kata-kata sendiri, 14) melaporkan hasilpembelajaran, (15) membuat ringkasan pelajaran, 16) mengerjakan latihan di papan tulis. Perilaku respon positif sebagai berikut: 1) siswa memperhatikan demonstarsi, 2) mengerjakan kegiatan lainnya.