Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik menampilkan perilaku mudah marah dan tersinggung, bersikap memusuhi, suka menutup diri, kurang percaya diri, pemalas, suka berbohong, kurang memiliki rasa tanggung jawab dan tidak peduli pada orang lain. Ada orangtua yang tidak memperhatikan hasil belajar anaknya di sekolah, orangtua kurang memperhatikan apa yang dilakukan anak di sekolah, kurangnya kontrol orangtua terhadap anak di rumah dan ada orangtua yang terlalu membatasi kegiatan anak di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan kepribadian peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Padang. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik korelasional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 157 orang peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Sampel sebanyak 61 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan analisis korelasi produck moment. Teknik yang digunakan untuk mengolah data adalah dengan menggunakan Statistical Program For Social Science (SPSS) Versi 20 kemudian mencari koefesien determinan (KD) untuk mengetahui kontribusi hasil korelasi. Hasil penelitian secara umum pola asuh orangtua (authoritarian, authoritative, neglectful dan indulgent) dengan kepribadian peserta didik (sanguin, flegmatik, melankoli, kolerik dan asertif) menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan kepribadian peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Padang. Dengan hasil korelasi r hitung 0,787 dengan r tabel 0,248 dengan keeratan korelasi sangat kuat dengan koefesien determinan 60,84% pola asuh orangtua terhadap kepribadian peserta didik.