Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam belajar sehingga berakibat tidak baik untuk masa depan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui studi teoretik faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 491 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Jumlah sampel diperoleh sebanyak 126 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Uji coba dilakukan kepada 30 orang peserta didik di SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik analisis data menggunakan (1) Statistik deskriptif dengan menu frekuensi dan persentase, (2) Analysis faktor eksploratori dengan bantuan Microsoft Excel 2007 dan Statistical Program for Social Science (SPSS) Versi 20.00. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Studi teoretik motivasi belajar peserta didik membuktikan bahwa ada empat faktor yang mempengaruhi motivasi belajar artinya hasil penelitian memperkuat teori yang ada, (2) Motivasi belajar peserta didik berada pada kategori motivasi sedang, (3) Cita-cita atau aspirasi peserta didik berada pada kategori motivasi sedang, (4) Kemampuan peserta didik berada pada kategori motivasi sedang, (5) Kondisi peserta didik berada pada kategori motivasi sedang, (6) Kondisi lingkungan peserta didik berada pada kategori motivasi se dang. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada: (1) Guru Bimbingan dan Konseling, sebaiknya memberikan layanan berkaitan dengan materi bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik. (2) Kepala sekolah, agar dapat mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling terutama dalam kegiatan pemberian layanan kepada peserta didik.