Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan para guru bidang studinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggungkap bagaimana: 1) Penyesuaian diri peserta didik dengan guru bidang studi dilihat dari segi metode mengajar guru di kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman, 2) Penyesuaian diri peserta didik dengan guru bidang studi dilihat dari segi sifat dan sikap guru di kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi penelitian berjumlah 265 orang peserta didik dan sampel penelitian 73 orang peserta didik diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, diolah dan dianalisis dengan teknik persentase menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyesuaian diri peserta didik dengan guru bidang studi di kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman sebagian besar peserta didik dapat dikategorikan “mampu” dan sebagian lagi dikategorikan “kurang mampu” dalam melakukan penyesuaian diri dengan baik. Direkomendasikan kepada Peserta didik, agar mampu melakukan, mempertahankan bahkan meningkatkan proses penyesuaian dirinya terutama berkaitan dengan metode mengajar, sifat dan sikap guru bidang studi. Guru bidang studi, agar mampu memahami peserta didik secara menyeluruh sehingga tidak ditemukan lagi permasalahan kesulitan peserta didik dalam melakukan penyesuaian diri dengan guru bidang studi. Kepala sekolah, diharapkan penelitian ini bisa dijadikan masukan dalam mengelola dan mengembangkan jauh lebih baik terkait proses penyesuaian diri peserta didik dengan guru bidang studi.