Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kejenuhan pada peserta didik yang sangat menyebabkan prestasi belajar peserta didik menurun. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui kejenuhan belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam, 3) Untuk mengetahui pengaruh kejenuhan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis statistik korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 205 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik area sampling (kluster sampling). Jumlah sampel diperoleh sebanyak 75 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner untuk mengumpulkan data kejenuhan, sedangkan metode studi dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan rumus persentase dengan program Microsoft Excel 2007 dan Statistical Program For Social Science (SPSS) Versi 20.00. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1). Berdasarkan distribusi frekuensi kejenuhan pada kriteria cukup kuat dengan persentase 42,67%. 2). Prestasi belajar peserta didik dengan rata-rata 81,04. 3). Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh kejenuhan terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam diperoleh korelasi 0,60 dengan taraf signifikan pada level 0,304<0,05. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu kepala sekolah dan guru BK untuk dapat mengembangkan dan memberikan motivasi kepada peserta didik sehingga prestasi belajarnya meningkat.