Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peran guru BK dalam mengembangkan bakat peserta didik melalui layanan penempatan dan penyaluran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Peran guru BK dalam mengembangkan bakat umum peserta didik melalui layanan Penempatan dan Penyaluran. 2) Peran guru BK dalam mengembangkan bakat khusus peserta didik melalui layanan Penempatan dan Penyaluran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMP 27 Padang yang berjumlah 745. Penarikan sampel pada penelitian ini digunakan dengan teknik Stratified Random Sampling Dengan jumlah sampel 88 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk teknik analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara umum peran guru BK dalam mengembangkan bakat peserta didik melalui layanan penempatan dan penyaluran di SMP 27 Padang berada pada kriteria cukup baik. Dilihat dari sub variabel : 1) Peran guru BK dalam mengembangkan bakat umum peserta didik melalui layanan penempatan dan penyaluran berada pada kriteria cukup baik. 2) Peran guru BK dalam menembangkan bakat khusus peserta didik melalui layanan penempatan dan penyaluran berada pada kriteria cukup baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat lebih berperan dalam mengembangkan bakat peserta didik sehingga kriteria yang cukup baik menjadi baik.