Persepsi Keluarga Miskin Pada Pendidikan Anak Pra Sekolah di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh orang tua sering mengabaikan pendidikan pra sekolah anaknya, dengan alasan faktor ekonomi keluarga yang kurang mampu atau miskin. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mendeskripsikan persepsi keluarga miskin pada tujuan dan manfaat pendidikan pra sekolah di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang terdiri dari informan kunci yaitu tiga keluarga miskin yang mempunyai anak pra sekolah di Nagari Kambang dan informan tambahan tiga orang, yaitu, anggota keluarga lain dari informan kunci. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara dan dokumentasi dengan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian terungkap bahwa: 1) Persepsi keluarga miskin pada tujuan pendidikan pra sekolah di Nagari Kambang, terlihat dari pandangan mereka yang beranggapan bahwa pendidikan pra sekolah bertujuan untuk mendidik anak sedini mungkin yang dapat membentuk prilaku anak agar terhindar dari prilaku bermasalah, dapat menelusuri bakat dan potensi anak sejak dini, serta untuk menyiapkan mental anak sebelum memasuki dunia sekolah. 2) Persepsi keluarga miskin pada manfaat pendidikan pra sekolah di Nagari Kambang, terlihat dari pandangan mereka yang beranggapan bahwa pendidikan pra sekolah memiliki manfaat untuk anak mereka dalam menambah pengalaman anak, menjadikan anak lebih aktif, mendorong anak untuk dapat berkomunikasi dengan baik, serta menambah variasi bagi perkembangan anak. Untuk itu direkomendasikan kepada orang tua, agar lebih memperhatikan pendidikan anak disebabkan pendidikan anak lebih penting, dengan mengikuti pendidikan yang didasari dengan pendidikan pra sekolah diharapkan anak dapat berkembang lebih baik untuk mengikuti pendidikan selanjutnya.