Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya nilai peserta didik yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) pendidikan orangtua, (2) pekerjaan orangtua, (3) status ekonomi dan penghasilan, dan (4) kepedulian orangtua terhadap anaknya yang meliputi; kepedulian terhadap pendidikan, kepedulian terhadap pergaulan, kepedulian terhadap rasa kasih sayang, kepedulian terhadap rasa aman, kepedulian terhadap pendidikan agama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas X dan XI yang menjalani proses pendidikan di SMA Tamansiswa Padang dengan jumlah 112 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling jumlah sampel 38 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) pendidikan orangtua peserta didik berprestasi rendah di SMA Tamansiswa Padang sebagian besar pendidikan Ayah tamatan SD dengan persentase 42,11% sedangkan pendidikan Ibu juga banyak tamatan SD dengan persentase 35,90%, (2) pekerjaan orangtua peserta didik berprestasi rendah di SMA Tamansiswa Padang sebagian besar pekerjaan Ayah buruh/petani dengan persentase 63,16%, sedangkan pekerjaan Ibu sebagai ibu rumah tangga atau tidak bekerja dengan pesentase 97,37%, (3) status ekonomi dan penghasilan orangtua peserta didik berprestasi rendah di SMA Tamansiswa Padang sebagian besar penghasilan Ayah kurang dari Rp. 1.500.000 dengan persentase 50,00%, sedangkan penghasilan Ibu kurang dari Rp. 500.000 dengan persentase 94,74%, dan (4) kepedulian orangtua terhadap anaknya yang meliputi; kepedulian terhadap pendidikan, kepedulian terhadap pergaulan, kepedulian terhadap rasa aman, kepedulian terhadap kasih sayang, dan kepedulian terhadap pendidikan agama tergolong dalam kategori baik dengan rata-rata 64,2%. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu orangtua dan peserta didik untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan peran dalam mengembangkan kebiasaan belajar sehingga anak terus mendapatkan nilai yang memuaskan dalam belajar.