Kesiapan Mahasiswa dalam Melaksanakan Layanan Konseling Perorangan di Sekolah (Studi pada Mahasiswa yang Telah Melaksanakan PPLBK Kependidikan dan PPLBK Sekolah Angkatan 2011 STKIP PGRI Sumatera Barat)

Main Author: Elyus, Famela
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10425/1/11060300%20ELYUS%20FAMELA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10425/2/ABSTRAK1%20-%202020-11-03T102604.535.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10425/3/BAB%20V%20-%202020-11-03T102634.083.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10425/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-11-03T102652.230.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10425/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena awal bahwa mahasiswa mengalami berbagai kendala, dan tidak melaksanakan layanan konseling perorangan sesuai dengan tahap pelaksanaannya, sehingga mahasiswa terlihat kurang siap dalam melaksanakan layanan konseling perorangan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pengetahuan mahasiswa mengenai layanan konseling perorangan, 2) Persiapan layanan konseling perorangan yang dilakukan mahasiswa, 3) Pelaksanaan layanan konseling perorangan yang dilakukan mahsiswa, 4) Penilaian proses pelaksanaan layanan konseling perorangan yang dilakukan mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian seluruh mahasiswa yang telah melaksanakan PPLBK kependidikan dan PPLBK sekolah angkatan 2011 di STKIP PGRI Sumatera Barat dengan jumlah 75 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik insidental. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik persentase. Secara khusus hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) pengetahuan mahasiswa mengenai layanan konseling perorangan berada pada kategori siap 2) persiapan layanan konseling perorangan yang dilakukan mahasiswa berada pada kategori cukup siap ,3) pelaksanaan layanan konseling perorangan yang dilakukan mahsiswa berada pada kategori siap, 4) penilaian proses pelaksanaan layanan konseling perorangan yang dilakukan mahasiswa berada pada kategori siap.