Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik obesitas memiliki konsep diri negatif seperti malu, tidak percaya diri, merasa rendah diri dan kurang puas dengan bentuk fisik sendiri. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dokumen konsep diri negatif peserta didik obesitas timbul karena teman-temannya sering mengejek dan menertawakan dan memanggil peserta didik obesitas dengan panggilan yang tidak diinginkannya sehingga peserta didik obesitas cenderung merasa diri tidak menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Gambaran konsep diri peserta didik obesitas di SMPN I Pantai Cermin Kabupaten Solok (2) Peran guru BK dalam meningkatkan konsep diri positif peserta didik obesitas di SMPN I Pantai Cermin Kabupaten Solok. Penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) dimana mengunakan penelitian deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan secara sistematis faktual dan akurat mengenai peran guru BK dalam meningkatkan konsep diri positif peserta didik obesitas di SMPN I Pantai Cermin Kabupaten Solok. Dalam pengumpulan data penulis melakukan wawancara dengan peserta didik obesitas (empat orang), teman peserta didik obesitas (empat orang), guru BK (tiga orang), wali kelas (satu orang) dan guru mata pelajaran (satu orang). Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil (1) Gambaran konsep diri dari peserta didik obesitas yaitu ke empat peserta didik obesitas memilki konsep diri negatif seperti kurang bisa menerima keadaaan fisik, merasa diri tidak menarik, kurang percaya diri, minder dengan teman-teman mereka (2) Peran guru BK dalam meningkatkan konsep diri positif peserta didik obesitas di SMPN I Pantai cermin belum terlalu berperan. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK yang telah memberikan layanan informasi dan konseling perorangan yang berhubungan dengan cara menumbuhkan dan mengembangkan konsep diri positif sehingga layanan yang diberikan guru BK bisa membantu permasalahan ke empat peserta didik obesitas tersebut.