Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak dari keluarga kelas menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1. Perhatian orang tua dalam menyelenggarakan pendidikan anak dilihat dari aspek penguasaan diri dari keluarga kelas menengah, 2. Perhatian orang tua dalam menyelenggarakan pendidikan anak dilihat dari aspek penanaman nilai-nilai kepada anak dari keluarga kelas menengah, 3. Perhatian orang tua dalam menyelenggarakan pendidikan anak dilihat dari aspek pemberian peranan-peranan sosial kepada anak dari keluarga kelas menengah. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode wawancara dengan informan inti 3 orang dan 12 orang informan tambahan di Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara, dan studi dokumentasi dengan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perhatian orang tua terhadap pendidikan anak dari keluarga kelas menengah yaitu: 1. Perhatian orang tua dalam menyelenggarakan pendidikan anak dilihat dari aspek penguasaan diri dari keluarga kelas menengah ditemukan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak di rumah, meskipun anak sudah bisa mengerjakan kegiatan dengan sendirinya, 2. Perhatian orang tua dalam menyelenggarakan pendidikan anak dilihat dari aspek penanaman nilai-nilai kepada anak dari keluarga kelas menengah ditemukan, orang tua memberikan tugas rumah, mengajak anak untuk bekerja sama dengan saudaranya, 3. Perhatian orang tua dalam menyelenggarakan pendidikan anak dilihat dari aspek pemberian peranan-peranan sosial ditemukan hubungan anak dengan orang tua dan saudaranya baik. Berdasarkan temuan penelitian direkomendasikan kepada orang tua untuk berperan aktif memberikan perhatian kepada anak dan memberikan pendidikan yang baik agar anak memiliki masa depan yang cerah.