Aktivitas Belajar Anak Usia Dini dari Keluarga Pemulung di Kelurahan Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan
Main Author: | Astuti, Astuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10407/1/11060048%20ASTUTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10407/2/ABSTRAK%20-%202020-11-03T090533.622.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10407/3/BAB%20V%20-%202020-11-03T090603.809.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10407/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-11-03T090627.229.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10407/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi sesuai dengan temuian di lapangan bahwa sebagian keluarga pemulung ada yang memotivasi anaknya untuk belajar dan ada juga sebagian keluarga pemulung yang membawa anak usia dininya ikut memulung lalu mengajarkan cara membaca, menulis dan berpikir kepada anaknya, ada anak usia dini yang tidak mau diajarkan oleh orangtuanya belajar karena ikut memulung sehingga anak tidak berkonsentrasi untuk belajar, aktivitas belajar anak pun kurang baik dan potensinya tidak berkembang dan ada juga anak usia dini yang aktivitas belajarnya bagus, dalam mewarnai gambar anak pernah juara mewarnai gambar. Peneliti membahas permasalahan tentang aktivitas belajar anak usia dini dari keluarga pemulung di Kelurahan Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Aktivitas belajar anak dalam mendengarkan. (2) Aktivitas belajar anak dalam menulis. (3) Aktivitas belajar anak dalam membaca. (4) Aktivitas belajar anak dalam berpikir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode wawancara dengan informan kunci 3 orang dan 3 orang informan tambahan di Kelurahan Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Data ini dianalisis dengan melakukan triangulasi data, setelah itu dianalisis melalui tiga tahap: (1) Reduksi data. (2) Penyajian data. (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Aktivitas belajar anak dalam mendengarkan bahwa terkadang anak mengkritik kalau misalnya percakapan (pembicaran) tentang kegiatan belajar adik ketika orangtua menerangkan salah. (2) Aktivitas belajar anak dalam menulis bahwa ketika ibu membuat gambar orangtua tidak bisa membuat gambar karena orangtua sibuk dengan pekerjaan. (3) Aktivitas belajar anak dalam membaca orangtua tidak memberikan motivasi kepada anaknya, sehingga anak malas mengenal huruf. (4) Aktivitas belajar anak dalam berpikir bahwa anak pernah juara lomba mewarnai tingkat kelurahan. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasi kepada orangtua agar orangtua bisa memberikan motivasi kepada anak, agar aktivitas belajar anak lebih baik dan potensi anak berkembang.