Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan :1) Bentuk penyesuaian diri positif peserta didik kelas XI pada perubahan kurikulum, 2) Bentuk penyesuaian diri negatif peserta didik kelas XI pada perubahan kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Padang berjumlah 288 orang. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian 74 orang. Instrumen yang digunakan angket. Analisa data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Bentuk penyesuaian diri positif peserta didik kelas XI pada perubahan kurikulum berada pada kategori banyak, dilihat dari aspek tidak menunjukkan adanya ketegangan emosional yang berlebihan, tidak menunjukkan adanya mekanisme pertahanan yang salah, tidak menunjukkan frustasi pribadi, memiliki pertimbangan yang rasional dalam pengarahan diri, mampu belajar dengan pengalaman dan aspek bersikap realistik dan objektif. 2) Bentuk penyesuaian diri negatif peserta didik kelas XI pada perubahan kurikulum berada pada kategori banyak, dilihat dari aspek reaksi bertahan, reaksi menyerang dan reaksi melarikan diri. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru untuk lebih dapat membantu peserta didik dalam menyesuaiankan diri terhadap perubahan kurikulum.