Hambatan-hambatan Interaksi Guru dengan Anak Autis di SLB Autisma Mutiara Bangsa Kelurahan Parak Gadang Timur Padang
Main Author: | Vega, Zulkarnain |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10372/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10372/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10372/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10372/4/10070184%20VEGA%20ZULKARNAIN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10372/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di kelas merupakan realita akan terjadinya interaksi antara anak-anak autis dengan guru di sekolah, namun demikian anak autis memiliki gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan: Hambatan-hambatan interaksi guru dengan anak autis di SLB Autisma Mutiara Bangsa Pratama Padang dilihat dari aspek distabilitas emosi anak autis, faktor kekurangan fisik, dan kesulitan beradaptasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksionis simbolis yang dikemukakan oleh Herbert Blumer yang mana teori ini melihat pada tiga premis yaitu (1) manusia bertindak pada sesuatu terhadap sesuatu berdasarkan makna-makna yang ada pada sesuatu itu bagi mereka (2) makna tersebut berasal dari “interkasi sosial seseorang dengan orang lain” (3) makna tersebut disempurnakan disaat proses interaksi sosial berlangsung. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data dilakukan dalam tiga cara yaitu (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi dokumen (4) Triangulasi Data. Unit analisis adalah kelompok dengan sumber datanya individu. Analisis data digunakan dengan model analisis interaktif yang dikemukakan Milles dan Huberman yaitu (1) Data Collection (Pengumpulan Data), (2) Data Reduction (Reduksi Data), (3) Data Display (Penyajian Data) dan (4)Conclusion Drawing/verification (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini ditemukan hambatan-hambatan interaksi guru dengan anak autis dalam hal: (1) Distabilitas emosi anak autis (2) faktor kekurangan fisik seperti (a) gangguan dalam kemampuan berkomunikasi verbal (b) kesulitan untuk berkonsentrasi (c) kontak mata yang kurang fokus (3) kesulitan beradaptasi seperti (a) sulit berinteraksi dengan orang lain (b) tidak menyukai adanya perubahan lingkungan sosial.