Perbandingan Antara Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Metode Pembelajaran Ceramah terhadap Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 5 Padang

Main Author: Camelia, Asma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1037/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1037/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1037/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1037/4/11070241%20CAMELIA%20ASMA%20%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1037/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran soiologi masih dilakukan secara konvensional sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada perbandingan antara metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan antara metode pembelajaran kooperati tipe STAD dengan metode ceramah untuk meninggkatkan hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS di SMAN 5 Padang pada mata pelajaran Sosiologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar behavioristik yang dikemukakan oleh Thorndike, dimana guru memberikan stimulus dan siswa memberikan respon terhadap metode pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 5 Padang yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu ditetapkan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu yaitu kelas yang memiliki rata-rata kelas hampir sama, sehingga yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 1 dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas XI IPS 4. Eksperimen dilakukan sebanyak 6 kali dan pembelajaran kelas kontrol dilakukan sebanyak 6 kali. Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMAN 5 Padang dengan thitung adalah 2,27 dengan taraf nyata 0.05 diperoleh t tabel 1.671. Hal ini berarti rata-rata pencapaian kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol, nilai postest yang telah dilakukan mendapatkan hasil rata-rata yaitu 81,67 pada kelas eksperimen dan 78,13 pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe STAD lebih baik jika dibandingkan metode ceramah.