Pengaruh Minat Menjadi Guru, Kepercayaan Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI SUMBAR (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2011)
Main Author: | Viana, Viana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10368/4/11090046%20VIANA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10368/1/ABSTRAK%20-%202020-10-21T110247.568.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10368/2/BAB%20V%20-%202020-10-21T110315.377.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10368/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-21T110335.004.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10368/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh minat menjadi guru terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 2) Pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar mahasiswa 3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4) Pengaruh minat menjadi guru, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2015. Jenis penelitianini adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat angkatan 2011 yang berjumlah 281 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel 165 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama minat menjadi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,513. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 10,342 > ttabel sebesar 1,974. Artinya apabila minat menjadi guru meningkat sebesar 1%, maka motivasi belajar akan meningkat sebesar 0,513 dalam setiap satuannya. Kedua kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,292. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,359 > ttabel 1,974. Artinya, apabila kepercayaan diri meningkat sebesar 1%, maka motivasi belajar akan meningkat sebesar 0,292 dalam setiap satuannya. Ketiga lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,439. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 6,397 > ttabel sebesar 1,974. Artinya, apabila lingkungan keluarga meningkat sebesar 1%, maka motivasi belajar akan meningkat sebesar 0,439 dalam setiap satuannya. Keempat minat menjadi guru, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Dimana diperoleh nilai Fhitung 137,724 > Ftabel3,05 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan penelitian ini maka disarankan kepada mahasiswa untuk lebih meningkatkan minat menjadi guru, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga untuk lebih meningkatkan motivasi belajar.