Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pariaman, 2) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pariaman, 3) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pariaman, 4) Pengaruh kemandirian belajar, lingkungan sekolah dan minat belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pariaman. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pariaman yang berjumlah 117 orang. Teknik pengambilan sampel dengan proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji maximun likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pariaman yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar sebesar 0,129 dengan nilai thitung sebesar 2,011 > ttabel 1,987 dengan nilai signifikan 0,047 < 0,05. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pariaman yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,735 dengan nilai thitung sebesar 14,781 > ttabel 1,987 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pariaman yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,091 dengan nilai thitung sebesar 1,991 > ttabel 1,987 dengan nilai signifikan 0,050 < 0,05. 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kemandirian belajar, lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pariaman yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 93,405 > Ftabel 2,71 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan R Square sebesar 0,765 = 76,5% Guru harus bisa membuat siswa lebih giat dalam belajar dan mengontrol apakah siswa memeliki kemandirian belajar, lingkungan sekolah dan minat belajar yang baik dengan begitu prestasi belajar siswa bisa lebih menigkat.