Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI MIA SMAN 4 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa kelas XI MIA SMAN 4 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menerapkan Strategi The Power Of Two. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan strategi The Power Of Two lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas XI MIA SMAN 4 Padang. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 4 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, sehingga terpilih kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam bentuk soal esai yang reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa rata-rata tes akhir kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh dan , karena maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan strategi The Power Of Two lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional.