Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan yang masih rendah dan siswa sering lupa dengan materi yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah secara acak, diperoleh kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dengan indikator pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esay dengan reliabilitas tes Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak dengan bantuan program MINITAB. Hasil dari uji hipotesis diperoleh P-value = 0,000 lebih kecil dari 0,05 , hal ini berarti hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan.