Pengaruh Penerapan Teknik Bisnis Berisiko Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 6 Pariaman
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan teknik bisnis berisiko berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one-shot case study. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random terhadap subjek, terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator pemahaman konsep dengan bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan reliabilitas 0,81. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan nilai tes akhir matematika siswa kelas sampel diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 78,77. Dari teknik analisis data dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh Thitung 10,63 lebih besar dari Ttable 2,060. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik bisnis berisiko berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis kelas VIII SMPN 6 Pariaman.