Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 36 Padang
Main Author: | Yosni, Yosni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10358/1/09050160%20YOSNI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10358/2/ABSTRAK%20-%202020-10-15T105349.082.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10358/3/BAB%20V%20-%202020-10-15T105419.373.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10358/4/KEPUSTAKAAN%20-%202020-10-15T105447.099.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10358/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kerjasama antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya dalam proses pembelajaran, dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah yang terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 36 padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakaan pembelajaran konvesional pada siswa kelas VII SMPN 36 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 36 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VII.1 sebagai sampel kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai sampel kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk soal esai (uraian) dengan reliabilitas tes adalah . Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis adalah uji t satu pihak dengan software MINITAB. Hasil analisis data diketahui bahwa diperoleh rata-rata kelas eksperimen 70,6 dan rata-rata kelas kontrol 59,9, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh P-value = 0,041 lebih kecil dari α = 0,05 maka tolak H0, jadi hipotesis pada penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakaan pembelajaran konvesional pada siswa kelas VII SMPN 36 Padang.