Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Salah satu usaha yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pemahaman Konsep Matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Random terhadap subjek. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak, terpilih kelas eksperimen adalah kelas XI IPA.4 dan terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IPA.5. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah = 0,8214 = 0,339 berdasarkan kriteria maka tes akhir siswa dinyatakan reliabel karena > . Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen adalah 64,61 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 51,64. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak diperoleh = 2,65 dan = 1,627, karena > maka hipotesis pada penelitian diterima dan disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang.