Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With a Question (LSQ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, dan minat siswa dalam bertanya masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Tipe Learning Start With a Question (LSQ) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas IX SMPN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX SMPN 1 Pantai cermin. Teknik pengambilan sampel adalah random terhadap subjek, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas IXB sebagai kelas eksperimen dan kelas IX D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini tes akhir hasil belajar dengan indikator pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis digunakan uji-t satu pihak yang diterima pada tingkat kepercayaan 95%, sehingga diperoleh P-value 0,039 maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.