Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, siswa malu bertanya, tidak berani mengeluarkan pendapat dan kurang percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menerapkan teknik spotlight. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan teknik spotlight lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah VII2 sebagai kelas eksperimen dan VII7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata α = 0,05. Hasil dari uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak dengan bantuan software MINITAB diperoleh P-value = 0,047 lebih kecil dari maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan teknik spotlight lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.