Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Disertai Numbered Heads Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 16 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan pada saat diskusi berlangsung hanya siswa yang berkemampuan tinggi yang mengerjakan dan mempresentasikan hasil diskusi kemudian siswa berjalan – jalan ke kelompok lain untuk mencari jawaban dan bermain dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu disertai Numbered Heads lebih baik daripada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 16 Padang, yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes 0,90. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai t0,95,69 = 1,66 dan thitung = 3,39. Hipotesis diterima karena thitung > ttabel , sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu disertai Numbered Heads lebih baik daripada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 16 Padang.