Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, Pembelajaran terpusat pada guru, proses pembelajaran belum mengaktifkan siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan teknik Quick On The Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan Rancangan penelitian Random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat yang terdiri dari 4 kelas Tahun Pelajaran 2014/2015. Terpilih kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes 0,798. Berdasarkan hasil analisis tes akhir diketahui bahwa kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh = 2,39 dan p-value = 0,010, karena p-value < maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga disimpulkan bahwa siswa termotivasi dalam belajar dengan menerapkan teknik Quick On The Draw terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan teknik Quick On The Draw lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensioanal di SMAN 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.