Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung disertai Strategi Pembelajaran Aktif tipe True or False Statement terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Talaok Bayang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung disertai strategi pembelajaran aktif tipe True or False Statement lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih adalah VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dan diperoleh soal yang reliabel. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis di peroleh thitung = 3,28 dan ini lebih besar dari ttabel = 1,677 sehingga tolak H0 yang berarti terima H1. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung disertai strategi pembelajaran aktif tipe True or False Statement lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTsN Talaok Bayang Tahun Pelajaran 2015/2016.