Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dikarenakan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dalam pembelajaran matematika dan siswa cenderung lupa dengan materi pelajaran yang baru diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 26 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 26 Padang yang terdiri dari tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel adalah secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.5 dan 0,86sebagai. kelas kontrol adalah kelas VII.4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk essay dengan reliabilitas tes adalah Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis adalah uji t satu arah. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang tidak sama pada taraf nyata α = 0,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 2,83 dan ttabel = 0,59, maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 26 Padang.