Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 15 Padang. Hal ini disebabkan siswa masih belum terlibat secara keseluruhan dan tidak adanya kemauan siswa belajar bersama dalam proses belajar mengajar. Salah satu usaha meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN 15 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjeck. Populasinya seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 15 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 0,74. Hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh . Maka hipotesis penelitian diterima dengan taraf kepercayaan 95%. Jadi, hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 15 Padang dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik daripada pembelajaran konvensional.