Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Realistik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk Siswa Kelas VIII MTsN Bungus Teluk Kabung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh LKS yang kurang mendukung siswa untuk belajar menemukan konsep secara mandiri dan belum mampu membuat siswa menghubungkan materi yang diterimanya dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari cara penyajian LKS yang digunakan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis realistik pada materi SPLDV yang valid dan praktis di kelas VIII MTsN Bungus Teluk Kabung Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan desseminate. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis LKS, analisis karakteristik, dan analisis literatur. Tahap design yaitu merancang LKS berbasis realistik. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS yang terdiri dari 4 kegiatan. Pada tahap develop dilakukan validasi LKS oleh 3 orang validator dengan mengisi angket validitas dan praktikalitas LKS dilakukan dengan menyebarkan angket kepraktisan kepada guru dan siswa serta pedoman wawancara kepada siswa. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat valid yaitu 91,5% ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, serta bahasa dan keterbacaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat praktis yaitu 95,38% dan hasil uji praktikalitas siswa menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat praktis yaitu 94% ditinjau dari aspek kemudahan dalam penggunaan LKS, waktu yang diperlukan, mudah diinterpretasikan, dan ekivalensi yang sama. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis realistik pada materi SPLDV yang dikembangkan valid dan praktis.