Pengaruh Penerapan Teknik Spotlight Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang
Main Author: | Syofia, Syofia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10341/1/10050020%20SYOFIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10341/2/ABSTRAK%20-%202020-10-15T102322.512.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10341/3/BAB%20V%20-%202020-10-15T102349.434.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10341/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-15T102405.226.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10341/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa hanya diam dan malu bertanya, tidak merasa percaya diri untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan, hasil belajar matematika siswa masih rendah dan kurangnya interaksi siswa dengan siswa dalam proses pembelajaran. Usaha yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran teknik spotlight dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik spotlight lebih baik dari pembelajaran konvensional pada kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA PGRI 2 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 88,25 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 93,32. Dari hasil uji statistik t diperoleh t hitung = 1,74 dan t 0,045 dengan , karena t hitung > t tabel maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik spotlight lebih baik dari hasil belajar pada pembelajaran konvensional kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang.