Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Kuranji Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perkembangan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing dan apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing disertai kuis berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one-shot case study. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random terhadap subjek, terpilih kelas VIII.8 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes akhir dengan indikator pemahaman konsep dengan bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan reliabilitas 0,65. Berdasarkan hasil deskripsi data dapat dilihat perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai rata-rata kuis pada pertemuan I 82,23, pertemuan II 80,17 dan pertemuan III 77,2 dan pertemuan IV adalah 85,6. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan kriteria pengujiannya yaitu penolakan H0 jika Thitung > Ttable. Pengujian hipotesisnya diperoleh Thitung 63 lebih besar dari Ttable 2,03 dengan = 0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima sehingga pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing disertai kuis berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis kelas VIII MTsN Kuranji Padang pada taraf kepercayaan 95%.