Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivismepada materi Segitiga dan Segi Empatuntuk Siswa Kelas VII SMPN 2 Lengayang, Kabupaten Pesisir
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku teks yang digunakan belum mampu memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri dan mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Tampilan buku teks juga kurang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Konstruktivisme pada materi Segitiga dan Segi Empat yang valid dan praktis di kelasVII SMPN 2 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangandengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks,analisis literatur, analisis karakteristik siswa, dan melakukan wawancara dengan siswa.Perancangan (design), dilakukan perancangan LKS.Pengembangan (develop),dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 3 orang validator yaitu dosen Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat, guru Matematika dan guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Lengayang. Uji praktikalitas dilakukan oleh 6 orang siswa dan 1 orang guru Matematika. Penyebaran (desseminate). Pada penelitian ini tahap penelitian terbatas sampai tahap develop saja yaitu sampai tahap praktikalitas. Hasil uji validitas LKS oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat valid yaitu 88.66%. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat praktis yaitu 85% dan hasil uji praktikalitas siswa menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat praktis yaitu 91.67%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Konstruktivismepada materi Segitiga dan Segi Empat yang dikembangkan valid dan praktis.