Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Koto Besar
Main Author: | Susanti, Susanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10337/2/11050069%20SUSANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10337/1/ABSTRAK%20-%202020-10-15T101856.081.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10337/3/BAB%20V%20-%202020-10-15T101922.840.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10337/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-15T101941.986.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10337/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku teks yang digunakan guru yang ada kurang menfasilitasi siswa dalam memahami materi bentuk aljabar, sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS matematika berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis pada materi bentuk aljabar untuk siswa kelas VII SMP Negeri 3 Koto Besar. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D. Model pengembangan terdiri dari 4 tahap yang meliputi : 1)pendefinisian (difine), 2)perancangan (design), 3)pengembangan (develop), dan 4)penyebaran (desseminate). Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Tahap pengembangan (develop) juga dibatasi hanya sampai pada tahap validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian adalah angket validasi, lembar wawancara, dan angket praktikalitas. Jenis data pada penelitian ini adalah kuantitatif yang diambil dari hasil angket dan data kualitatif diambil dari hasil wawancara. Analisis data pada tahap validasi dan praktikalitas menggunakan rata-rata angket dan hasil wawancara dengan guru dan siswa menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil uji validasi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing menunjukan bahwa LKS valid ditinjau dari aspek isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan. Hasil uji praktikalitas diperoleh bahwa LKS praktis ditinjau dari aspek waktu, kemudahan penggunaan, ekivalensi dengan bahan ajar lain dan manfaat. Dapat disimpulkan LKS berbasis penemuan terbimbing untuk materi bentuk aljabar valid dan praktis.