Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah, karena proses pembelajaran masih kurang menyenangkan dan siswa tidak mau bertanya dan mengungkapkan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran ROPES disertai Sepak Bola Verbal lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII MTsN Model Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN Model Padang tahun ajaran 2015/ 2016 kecuali kelas VIII.1, VIII.2 dan VIII.3 karena kelas unggul . Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak, terpilih kelas eksperimen adalah kelas VIII.6 dan terpilih kelas kontrol adalah kelas VIII.5. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah tes uraian dengan reliabilitas tes adalah 0,759. Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata hasil tes akhir pada kelas eksperimen adalah 76,36, sedangkan nilai rata-rata hasil tes akhir pada kelas kontrol adalah 63,83. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak sehingga diperoleh dan karena , maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menerapkan model pembelajaran ROPES disertai Sepak Bola Verbal lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII MTsN Model Padang.