Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran cenderung didominasi oleh guru serta siswa hanya menerima materi pelajaran yang diajarkan guru sehingga interaksi timbal balik antara guru dan siswa masih kurang. Salah satu usaha yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have (QSH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe QSH. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang TP 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang dibuat dalam bentuk essai dengan r = 0,923. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,546496 dan ini lebih besar dari ttabel =1,6706, maka hipotesis penelitian diterima dengan selang kepercayaan 95%. Sehingga tolak H0 dan terima H1 disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe QSH lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.