Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads terhadap pemahaman knsep matematis siswa kelas VIII SMPN 10 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VIII SMPN 10 Padang kurang bertanggungjawab dalam terhadap tugas atau latihan yang diberikan dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Usaha yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 10 Padang Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 10 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VIII.H terpilih sebagai kelas eksperimen dan VIII.D terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes adalah 0,833. Berdasarkan analisis didapatkan, kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen adalah 64,7 sedangkan rata-rata tes akhir kelas kontrol adalah 56,4. Pengujian Hipotesis digunakan uji-t satu pihak diperoleh nilai = 1,667 dan = 1,757, karena > maka tolak pada taraf nyata = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 10 Padang.