Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP SEMEN PADANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan kurang optimalnya kemampuan berfikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Semen Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Random Terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Semen Padang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel adalah secara acak. Terpilih kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk essai dengan reliabilitas tes adalah 0,775. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t satu pihak. Berdasarkan analisis didapat nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 57,79 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 43,96. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak diperoleh thitung =2,75 lebih besar dari t(0,95)(57)=1,672 dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Dapat disimpulan bahwa hasil belajar matematika dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pada hasil belajar matematika dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Semen Padang.