Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan terhadap bahan ajar dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang diharapkan mampu memfasilitasi dan membimbing siswa untuk belajar mandiri, memudahkan menemukan dan memahami konsep dengan benar. Bahan ajar yang ada hanya buku paket . Berhubungan dengan itu dikembangkan bahan ajar LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis pada materi aritmatika sosial mata pelajaran matematika untuk siswa kelas VII SMPN 4 Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian dilakukan 3 tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Tahap pendefinisian terdiri atas analisis silabus, buku teks, review literatur dan wawancara dengan guru dan siswa. Tahap perancangan, merancang LKS berbasis penemuan terbimbing. Pada tahap pengembangan, mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Hasil validasi LKS berbasis penemuan terbimbing oleh validator menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing sangat valid yaitu 84,81%. Uji praktikalitas oleh siswa dan guru menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada kategori sangat praktis yaitu 86,44% dan 83,44% . Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis penemuan terbimbing sudah sangat valid dan sangat praktis.