Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah pada materi Bilangan Pecahan. LKS yang ada belum sepenuhnya mendukung siswa untuk belajar menemukan konsep secara mandiri dan belum mampu membuat siswa menghubungkan materi yang diterimanya dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari cara penyajian LKS yang digunakan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis kontekstual pada materi bilangan pecahan yang valid dan praktis di kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terbagi dalam 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop) dan tahap penyebaran (Desiminate). Pada penelitian ini tahap penelitian terbatas sampai tahap develop yaitu tahap validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian adalah (1) lembar validasi, (2) angket praktikalitas, (3) pedoman wawancara. Hasil uji validitas LKS oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat valid yaitu 84.09%. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat praktis yaitu 96.15% dan hasil uji praktikalitas siswa menunjukkan bahwa LKS ini pada kriteria sangat praktis yaitu 91.67%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Kontekstual pada materi Bilangan Pecahan yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.