Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang mampu bekerja sama dalam belajar berkelompok dan hanya mengandalkan siswa yang berkemampuan tinggi sehingga hasil belajar matematika siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VII lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk esai. Analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 66,87 dan rata-rata nilai kelas kontrol 55,70. Berdasarkan rata-rata nilai kelas eksperimen dan rata-rata nilai kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VII lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang.