Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP N 5 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan masih rendah dan guru tidak melakukan peninjauan ulang dan menarik kesimpulan di akhir pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Model Problem based learning Disertai Bowling Kampus terhadap Pemahaman Konsep matematis siswa kelas VIII SMP N 5 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitan ini adalah penelitian pra-eksperimen, dengan rancangan penelitian One Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 5 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 0,82. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan nilai tes akhir matematika siswa kelas sampel diperoleh rata-rata kelas eksperimen 75,72. Dari hasil teknik analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,29 dan ttabel = 1,673 sehingga h > ,hipotesis diterima maka terdapat pengaruh pemahaman konsep matematis siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning Disertai Bowling Kampus.