Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Priview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Rina, Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10321/1/10050243%20RINA%20ARIF.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10321/2/ABSTRAK1%20-%202020-10-15T095614.671.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10321/3/BAB%20V%20-%202020-10-15T095639.669.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10321/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-10-15T095725.955.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10321/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dikarenakan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dalam pembelajaran matematika dan siswa kurang mampu mengingat pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekperimen dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subyek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk essay dengan reliabilitas tes adalah 0.892. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai thitung = 2.77 dan ttabel = 1,688, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan Strategi PQ4R lebih baik daripada pemahaman kosep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya.