Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah di kelas VIII SMPN 27 Padang. Hal ini disebabkan oleh siswa hanya menerima konsep secara langsung dari guru dan siswa kurang berani untuk bertanya dan mengeluarkan gagasan yang mereka miliki di kelas. Salah satu usaha yang dilakukan adalah strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question lebih baik daripada pembelajaran konensional siswa kls VIII SMPN 27 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 27 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang dibuat dalam bentuk essai dengan reliabilitas tes adalah r = 0,897. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak dengan bantuan software MINITAB, diperoleh P-value sebesar 0,038 lebih kecil dari α yaitu 0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.