Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Kaidah Pencacahan Untuk Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Padang
Daftar Isi:
- Buku teks sudah memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri, namun setiap latihan pada buku teks belum mampu membimbing siswa untuk menemukan suatu konsep dan prinsip umum. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis pada materi kaidah pencacahan untuk SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan meliputi, lembar analisis silabus, lembar analisis buku teks, lembar pedoman evaluasi diri, lembar validasi, angket praktikalitas, serta pedoman wawancara. Data yang diperoleh melalui berbagai instrumen dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan nilai validasi dari aspek materi 93,75%, penyajian 88,10%,, bahasa yang digunakan 91,67% dan kegrafikaan 89,58%. Hasil analisis angket praktikalitas untuk guru sebesar 90,17% dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas untuk siswa dikategorikan sangat praktis dengan nilai rata-rata 86,11% dari segi kemudahan dalam penggunaan, waktu, mudah diinterpretasikan dan ekivalensi yang sama dengan bahan ajar yang lain. Selain itu hasil wawancara dengan guru dan siswa menunjukkan LKS sudah sangat praktis, dilihat dari aspek waktu, kemudahan, daya tarik dan mudah diinterpretasikan. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis pada materi kaidah pencacahan untuk SMA kelas XI.