Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match disertai Kuis terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Pertiwi Siteba Padang
Main Author: | Revika, Arlinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10318/2/10050274%20REVIKA%20ARLINDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10318/1/ABSTRAK%20-%202020-10-15T095217.069.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10318/3/BAB%20V%20-%202020-10-15T095255.810.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10318/4/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN%20%2825%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10318/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dilatar belakangi oleh pemahaman konsep siswa masih relatif rendah pada pelajaran matematika siswa kelas VII SMP Pertiwi Siteba Padang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Pertiwi Siteba Padang yang menggunakan Tipe Index Card Match disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional kelas VII SMP Pertiwi Siteba Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan Total Sampling. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Pertiwi Siteba Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas dan sebagai kelas kontrol adalah kelas . Instrumen penelitian adalah Kuis dan tes akhir dengan menggunakan indikator pemahaman konsep dan penilaian berdasarkan rubrik analitik. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essay. Berdasarkan kriteria diperoleh maka tes hasil belajar dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis pada diperoleh dan sehingga. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan Tipe Index Card Match disertai Kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Pertiwi Siteba Padang Tahun Pelajaran 2014/2015.